Rabu, 24 Februari 2016

APAKAH SAYA MEMILIKI PENYAKIT KANKER

APAKAH SAYA MEMILIKI PENYAKIT KANKER _ Ada lebih dari 100 jenis kanker yang berbeda. Setiap jenis kanker dapat memiliki berbagai gejala, tes diagnostik dan pilihan pengobatan. Akibatnya, ada banyak istilah dan frase yang digunakan untuk menggambarkan jenis, gejala, diagnosis kanker, dan juga metode pengobatan. Hal seperti ini yang sering membuat penderita menjadi bingung serta frustasi karena terlalu banyak jargon medis atau terminologi yang digunakan dalam menggambarkan kondisi penyakit ini. Dengan begitu maka sulit bagi penderita untuk memahami penyakit ini dan mengambil tindakan yang tepat. Karena itulah maka rasanya sangat diperlukan oleh kita untuk membaca berbagai artikel atau buku tentang penyakit kanker supaya tidak ada  informasi yang sering disalahartikan atau tidak sepenuhnya dipahami.

Dalam artikel ini kami ingin menjelaskan secara umum mengenai semua frase dan istilah yang digunakan dalam menggambarkan penyakit kanker. Hal ini tentunya akan membantu penderita atau kita dalam memahami istilah kanker, jenis kanker, diagnosis umum dan terminologi pengobatan, atau juga tenaga kesehatan yang terlibat dalam pengelolaan kanker. Sebagai pengetahuan awal, maka kami ingin menjelaskan segala hal tentang penyakit kanker dalam urutan abjad di sini.

  1. Ablation: penghapusan atau perusakan bagian tubuh atau jaringan.  Khusus untuk ablasi (RFA) akan melibatkan terapi frekuensi radio untuk menghancurkan jaringan kanker dengan panas. RFA umumnya digunakan dalam pengobatan paru-paru, hati dan tumor ginjal.
  2. Adenokarsinoma: kanker yang dimulai dari lapisan organ internal atau dari kulit
  3. Adenoma: tumor non-kanker yang dimulai dari kelenjar
  4. Adenopati: pembengkakan kelenjar
  5. Terapi tambahan atau ajuvan: Pengobatan lain yang digunakan bersama dengan pengobatan primer. Misalnya, radioterapi kadang-kadang diberikan setelah operasi untuk mengobati kanker sebagai pengobatan tambahan.
  6. Anal: anus, kanker dubur
  7. Anorexia: tidak nafsu makan.
  8. Asbes adalah sekelompok mineral yang ditemukan dalam bentuk serat kecil. Hal ini digunakan sebagai isolasi terhadap panas dan kebakaran pada bangunan gedung. Debu asbes ketika terhirup ke dalam paru-paru bisa menyebabkan kanker paru-paru dan mesothelioma.
  9. Asthenia: perasaan kelemahan atau kekurangan energi. Hal ini biasa terjadi pada kanker stadium akhir.
  10. Astrosit: ini adalah jenis sel dalam otak atau sumsum tulang belakang. Astrocytoma adalah tumor yang dimulai pada astrosit.
  11. Asimtomatik: tidak memiliki tanda-tanda atau gejala penyakit. Kebanyakan kanker tidak bergejala pada tahap awal.
  12. Aksila diseksi kelenjar getah bening: pengangkatan kelenjar getah bening di ketiak. Hal ini dapat dilakukan dalam pengobatan kanker payudara.
  13. B-sel limfoma: Salah satu jenis kanker yang terbentuk di sel B.
  14. Barrett esophagus: ini adalah suatu kondisi di mana sel-sel yang melapisi bagian bawah dari kerongkongan telah berubah atau digantikan oleh sel-sel abnormal yang dapat menyebabkan kanker kerongkongan. The regurgitasi isi lambung ke kerongkongan dari waktu ke waktu dapat menyebabkan Barrett esophagus.
  15. Sel basal: sel-sel bulat kecil yang ditemukan di bagian bawah epidermis. Kanker yang dimulai di sel-sel basal disebut kanker sel basal atau karsinoma sel basal.
  16. Jinak: tidak kanker, juga disebut non-ganas. Fibroadenoma adalah tumor jinak payudara sedangkan adenocarcinoma adalah tumor ganas payudara.
  17. Benign prostatic hyperplasia: ini adalah kondisi non-kanker prostat di mana ada pertumbuhan berlebih dari jaringan prostat.

APAKAH SAYA MEMILIKI PENYAKIT KANKER

APAKAH SAYA MEMILIKI PENYAKIT KANKER Rating: 4.5 Diposkan Oleh: herbaliz